Pengertian Customer Service dan Fungsinya

Dalam aktivitas sehari-hari, kita sering kali menggunakan istilah customer service. Istilah customer service biasanya banyak digunakan oleh para pelanggan yang menggunakan jasa perusahaan tertentu seperti perbankan, jasa transportasi, jasa komunikasi, dan berbagai macam usaha jasa lainnya. Kata customer service biasanya memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan berbagai macam permasalahan ataupun keluhan terhadap layanan jasa yang diberikan. Ketika seorang pelanggan merasa tidak puas atau memiliki masalah yang berkaitan dengan perusahaan, maka pelanggan tersebut biasanya akan menyampaikan masalah ataupun keluhannya ke bagian customer service perusahaan.

Lantas, apa sih sebenarnya pengertian customer service? Berikut ini penjelasannya telah kami siapkan untuk Anda :

Definisi dan Pengertian Customer Service

Pada dasarnya customer service berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata customer yang artinya pelanggan dan kata service yang artinya pelayanan. Jika diartikan menurut frasa katanya, maka customer service merupakan aktivitas yang dikhususkan untuk memberikan pelayanan terhadap setiap keluhan ataupun permasalahan yang datang dari pelanggan yang dimiliki oleh suatu organisasi ataupun perusahaan.

Jika diartikan secara lebih menjurus, maka pengertian customer service adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk melayani setiap permasalahan ataupun keluhan yang dialami oleh pelanggan sehingga keluhan tersebut dapat teratasi dan pada akhirnya tingkat kepuasan pelanggan bisa meningkat.

Fungsi Customer Service

Jika dikaji dari pengertian di atas, maka secara umum seorang petugas customer service memiliki fungsi sebagai penerima dan pemecah setiap keluhan ataupun permasalahan yang dimiliki oleh pelanggan. Jika dirinci secara lebih mendalam, maka seorang customer service memiliki beberapa fungsi, seperti :

Penerima tamu – Untuk bisa memberikan solusi dari setiap permasalahan yang dimiliki oleh pelanggan, seorang customer service tentunya harus menerima setiap pelanggan yang ingin mendapatkan solusi atas permasalahan yang dimilikinya. Dalam menerima pelanggan, seorang customer service harus dapat menunjukkan sikap yang ramah, sopan, menyenangkan, dan juga menarik. Hal ini sangat diperlukan agar konsumen yang hendak mengatasi permasalahan bisa mendapatkan pelayanan terbaik dan merasa puas terhadap pelayanan perusahaan.

Customer Relation Office – Karena berperan sebagai pemberi solusi bagi permasalahan yang dialami oleh pelanggan, seorang customer service tentunya harus bisa membangun relasi yang baik dengan setiap pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan. Dalam pelaksanaan relasi ini seorang customer service harus benar – benar bisa membuat konsumen merasa puas dengan jalan penyediaan solusi dari masalah yang dimiliki pelanggan dan juga dengan memberikan pelayanan yang ramah, sopan, menyenangkan, dan juga menarik.

Komunikator – Dalam menyelesaikan permasalahan yang dimiliki oleh pelanggan, seorang customer service harus mampu mengomunikasikan berbagai macam informasi dan juga alternatif pemecahan masalah yang dapat dihadirkan oleh perusahaan.

Itulah pengertian customer service beserta dengan fungsi-fungsinya dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan.

Related Post to Pengertian Customer Service dan Fungsinya