Pengertian Client Server untuk Aplikasi Komputer

Berbicara mengenai teknologi tentu tidak akan ada habisnya. Seperti sebuah komputer dengan segala perangkatnya yang memberikan kemudahan lewat sistem canggihnya. Ada berbagai hal di kehidupan Anda yang akan menjadi jauh lebih mudah dengan menggunakan bantuan teknologi. Dalam hal ini, Anda bahkan dapat mengandalkan teknologi untuk mendukung bisnis Anda. Wah, bagaimana caranya ya? Tentu hal ini akan menjadi hal baru yang dapat menjadi hal baik di usaha Anda. Ulasan mengenai pengertian client server akan kami paparkan untuk anda karena kami menyadari sebagai pengguna komputer anda perlu mengetahui seluk beluk istilah komputer satu ini. Simak ulasan berikut ini

Pengertian Client Server dalam Dunia Internet

Client dapat diartikan sebagai perangkat yang menerima, menampilkan dan menjalankan aplikasi atau software yang tersedia pada komputer. Namun adanya client ini tidak akan bisa bekerja tanpa adanya server karena keduanya bekerja secara beriringan. Apa itu server? Anda tentu pernah mendengar istilah tersebut tetapi anda mungkin tidak mengetahui penjelasan istilah tersebut. Server adalah perangkat portal yang mengelola aplikasi data hingga keamanan sebuah komputer. Untuk menghubungkan server dan client perlu menggunakan kabel UTP. Eits, itu saja tidak cukup, anda harus menggunakan network card sebagai perangkat pendukung anda. Program atau aplikasi client-server ini tentu akan memudahkan Anda dalam berbagai aspek kehidupan, bahkan apabila Anda menjalankan bisnis. Maka dari itu, anda harus mengetahui pengertian client server.

Cara kerja client server seperti yang tertulis dalam pengertian client di atas adalah dengan mendistribusikan aplikasi dari client ke server atau sebaliknya. Pada model client-server anda akan menemukan dua komponen, yaitu komponen client dan komponen server. Hal ini sesuai dengan pengertian client server. Komponen client berjalan dengan menggunakan sebuah workstation. User hanya perlu memasukan data dan kemudian mengirimkannya pada komponen server. Singkatnya, client merupakan suatu aspek dalam aplikasi yang akan memberikan input kepada sistem server. Nah, dalam hal ini client berperan sebagai perangkat jarak jauh yang dapat memudahkan pengguna dalam memperoleh data dan informasi dari suatu aplikasi. Client kemudian akan mengirimkan request kepada server yang akan memproses request tersebut.

Komponen client atau front-end harus anda hubungkan dengan komponen server back-end. Client-server dapat anda gunakan sebagai solusi dalam menyelesaikan  masalah jika komputer anda menggunakan software yang membutuhkan database. Sehingga komputer anda tidak perlu menginstal database tetapi hanya melakukan pembagian kerja sebagai berikut. Database dapat diinstal pada konputer server anda dan client digunakan untuk menyimpan aplikasi. Cukup rumit ya, namun kerumitan tersebut tentu akan berbuah manis apabila Anda membuatnya menjadi salah satu aplikasi yang akan memudahkan konsumen Anda dalam mengakses informasi yang dibutuhkan. Sekian ulasan pengertian client server yang telah kami sajikan untuk anda, semoga dapat menjadi sumber inspirasi bagi Anda dalam mengoptimalkan bisnis dan usaha Anda.

Related Post to Pengertian Client Server untuk Aplikasi Komputer