Pengertian Bursa Efek dan 3 Pelaku Tradingnya

Dalam media informasi publik kita sering kali menjumpai istilah bursa efek. Istilah yang satu ini biasanya sering kali digunakan di berita-berita yang terkait dengan perekonomian global yang ada di acara televisi, di media cetak seperti koran, atau bahkan di media internet.

Bagi orang-orang yang bergerak di dunia perekonomian global, istilah bursa efek tentunya bukanlah istilah yang asing bagi mereka. Bahkan bagi sebagian orang yang ada di dunia perekonomian global, bursa efek merupakan tempat mereka mengadu nasib untuk mempertahankan hidup mereka.

Lantas apa sih sebenarnya bursa efek itu? Bursa efek merupakan suatu tempat yang digunakan sebagai media jual beli pasar saham. Dalam bursa efek, setiap orang dapat melakukan aktivitas penjualan ataupun pembelian saham dengan mengikuti peraturan yang berlaku di bursa efek tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan beberapa pengertian bursa efek yang telah kami rangkum dari beberapa sumber referensi :

Definisi dan Pengertian Bursa Efek

Pengertian bursa efek adalah suatu pihak yang mengadakan dan menyediakan suatu sistem perdagangan (baik berupa sarana ataupun prasarana) efek/saham sebagai sarana bagi para pelaku di bidang perdagangan efek/saham.

Jika diartikan secara sederhana, maka Bursa Efek merupakan tempat terjadinya perdagangan pasar efek/saham. Bursa efek merupakan media yang digunakan oleh para pelaku perdagangan pasar efek/saham dalam kegiatan jual beli saham. Di bursa efek, setiap orang dapat menjual efek/saham yang mereka miliki atau membeli saham yang mereka inginkan.

Jenis Pelaku Trading Bursa Efek

Dalam bursa efek, setidaknya ada 3 jenis pelaku trading yang berperan dalam kegiatan jual beli saham yaitu :

  1. Pewakil Transaksi untuk Klien

Pelaku trading bursa efek yang pertama ini sering juga disebut dengan pialang saham. Orang-orang ini biasanya menyediakan jasa trading untuk para klien yang memiliki modal namun tidak memiliki waktu ataupun kemampuan untuk bertransaksi di pasar efek. Pelaku pasar efek yang satu ini biasanya mendapatkan keuntungan dengan sistem komisi.

  1. Pewakil Transaksi untuk Anggota Lain

Pelaku trading yang kedua pada dasarnya hampir sama dengan pelaku trading yang pertama, yaitu melakukan aktivitas trading untuk orang lain. Bedanya pelaku trading yang kedua ini melakukan transaksi bukan untuk klien, melainkan untuk trader lainnya.

  1. Self Trader

Self Trader merupakan pelaku perdagangan yang melakukan aktivitas trading untuk dirinya sendiri. Seorang self trader mendapatkan keuntungan dari selisih penjualan dan pembelian saham milik mereka.

Itulah pengertian bursa efek beserta dengan beberapa pelaku trading yang berkecimpung di dalamnya. Semoga dengan membaca tulisan ini, Anda bisa mendapatkan sedikit gambaran mengenai dunia pasar saham yang berjalan di seluruh dunia.

Related Post to Pengertian Bursa Efek dan 3 Pelaku Tradingnya