Pengertian Budaya Demokrasi

Pengertian budaya demokrasi dibagi menjadi dari dua asal kata, yaitu budaya dan demokrasi. Tentunya dari kedua kata ini memiliki arti yang jelas berbeda. Budaya yang berarti hasil akhir dari pemikiran manusia yang melewati proses kebiasaan suatu kelompok manusia tertentu di suatu lingkungan tempat tinggalnya. Sedangkan demokrasi memiliki arti sesuatu yang berkaitan dengan sistem kepemerintahan yang berkedaulatan rakyat, atau dapat dikatakan segala keputusan dan kekuasaan tertinggi yang berhubungan dengan negara berada di tangan rakyat. Dalam hal ini rakyat turut berpengaruh kepada adanya keputusan keputusan apapun yang ada di dalam sistem kenegaraan tersebut, karena dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Prinsip dari Pengertian Budaya Demokrasi

Dalam pengertian dari budaya demokrasi ini tentu tidak hanya sekadar pengertiannya saja yang dipentingkan namun ada pula prinsip prinsip dalam melaksanakan adanya budaya demokrasi di suatu negara tertentu di dalam menjalankan kehidupan sehari harinya. Untuk membahas mengenai prinsip prinsip budaya demokrasi ini ada beberapa ahli yang menyampaikan pendapatnya mengenai prinsip budaya demokrasi. Yang pertama adalah seorang ilmuwan yang berasal dari negara Indonesia yang bernama Masykuri Abdillah, ia berpendapat bahwa prinsip dari budaya demokrasi berisi mengenai adanya susunan dari prinsip persamaan, prinsip kebebasan, dan prinsip pluralisme. Yang artinya menurut Maskuri, di suatu negara yang memiliki budaya demokrasi harus berprinsip yang bebas berpendapat, baik itu berbeda beda pendapat maupun sependapat, namun pada akhirnya pendapat tersebut bisa menghasilkan pendapat yang satu dan baik untuk semuanya.

Ada lagi ilmuwan yang berasal dari luar negeri yang berpendapat mengenai prinsip dari pengertian budaya demokrasi, ilmuwan tersebut bernama Robert A. Dahl, ia mengatakan bahwa di dalam budaya demokrasi terdapat tujuh prinsip yang harus dipenuhi dan terlaksana dengan baik, yaitu yang pertama adalah turut mengontrol atas keputusan apapun yang presiden lakukan, hal ini ditujukan agar presiden pun tidak bisa sewenang wenang dalam memutuskan sesuatu, kemudian yang kedua melakukan pemilihan dengan teliti dan jujur, memiliki hak untuk memilih dan dipilih, mempunyai tiga kebebasan yaitu bebas berpendapat, mengakses informasi, dan berserikat.

Ilmuwan yang ketiga adalah Franz Magnis Suseno, ia berpendapat bahwa budaya demokrasi harus dilandasi prinsip prinsip yaitu rakyat harus turut serta dengan adanya berbagai sistem ke pemerintahan di suatu negara tertentu, adanya kebebasan dalam memilih tanpa ancaman dari manapun, ia juga mengatakan bahwa harus ada jaminan mengenai hak demokrasi yang dilakukan oleh rakyat, pemerintah pun harus menghargai adanya pendapat apapun dari rakyat, dan tidak bisa sewenang wenang dalam memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan nasib suatu negara. Demikianlah yang dapat dibahas dari pengertian budaya demokrasi, juga mengenai prinsip prinsip yang ada di dalam budaya demokrasi menurut beberapa ahli di berbaga negara.

Related Post to Pengertian Budaya Demokrasi