Pengertian Blog dan Berbagai Macam Blog

Berbicara mengenai internet tidak akan terlepas dari permasalahan website dan juga blog. Website maupun blog merupakan dua hal utama yang diakses di jaringan internet. Tanpa kehadiran kedua hal ini, maka koneksi internet nyaris tidak ada gunanya sama sekali.

Di website ataupun blog, para pemiliknya menyediakan berbagai macam informasi yang dapat diakses oleh setiap orang yang terhubung dengan koneksi internet.

Kebanyakan pengguna internet pasti sering mengunjungi dan mencari informasi di blog milik orang lain. Meskipun begitu, dapat dipastikan hanya beberapa orang saja yang mengetahui apa itu blog dan bagaimana cara kerja blog. Lantas, apa sih blog itu? Dan ada berapa banyak kah jenis blog di Internet?

Pengertian Blog menurut Beberapa Pendapat

  1. Computer Glossary of Terms

Menurut Computer Glossary of Terms, sebuah blog pada dasarnya merupakan sebuah jurnal yang tersedia di internet. Aktivitas yang dilakukan pada blog disebut dengan aktivitas blogging, sedangkan orang yang melakukan aktivitas blogging disebut dengan seorang blogger.

  1. Anonim

Blog merupakan sebuah tipe dari website yang biasannya memuat konten berupa kronologis yang diurutkan dari kiriman terbaru di bagian halaman paling atas ke kiriman paling lama di bagian halaman paling bawah.

  1. Wikipedia

Pengertian Blog merupakan singkatan dari web log yaitu sebuah situs yang memuat berbagai macam informasi yang dipublikasikan di dalam jaringan World Wide Web, yakni sebuah sistem dokumen hypertext yang saling terkait satu sama lainnya yang dapat diakses dari jaringan internet.

Berdasarkan pengertian beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa blog merupakan sebuah halaman situs berisi informasi yang saling terintegrasi dan dapat diakses melalui jaringan koneksi internet.

Beberapa Jenis Blog

Ada beberapa jenis blog yang dapat digunakan sebagai media berbagai informasi di internet. Beberapa jenis blog tersebut yaitu :

  1. Free Blog

Seperti nama yang tercantum di dalamnya, blog ini merupakan blog gratis yang mengandalkan hosting milik perusahaan penyedia layanan blogging. Beberapa flatform blog yang menyediakan layanan blogging gratis yaitu blogger/blogspot dan wordpress.

  1. Self-Hosting Blog

Berbeda dari model blog sebelumnya, model blog ini mengandalkan hosting pribadi ataupun hosting sewaan. Keunggulan dari model blog ini adalah kebebasan berekspresi yang lebih besar dibandingkan dengan model blog gratis.

  1. Citizen Journalism Blog

Model blog ini pada dasarnya merupakan blog gratis sama seperti free blog. Perbedaan dari model blog ini hanya terletak pada tujuan dari pemberi layanan free blognya. Jika pemberi layanan free blog dapat digunakan untuk kegiatan apa saja, di model citizen journalism blog, penggunannya dikhususkan sebagai media penyampaian berita dari dan untuk masyarakat.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian blog beserta dengan berbagai macam jenis blog yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga Bermanfaat!

Related Post to Pengertian Blog dan Berbagai Macam Blog