Pengertian Berita, Unsur Berita, dan Syarat Berita

Siapa yang tidak mengenal kata ‘berita’? Setiap orang di dunia ini pasti mengenal kata yang satu ini. Hampir setiap hari, manusia selalu menonton, membaca, ataupun mendengarkan berita melalui berbagai media. Setiap hari, manusia selalu disuguhkan berita, baik yang berkaitan dengan dirinya sendiri, ataupun yang tidak terkait dengan dirinya sama sekali.

Ada banyak sekali media yang digunakan dalam penyebaran berita. Mulai dari media cetak seperti koran dan majalah, hingga ke media digital seperti website berita, semuanya digunakan hanya untuk menyebar luaskan berita. Lantas, apa sih sebenarnya berita itu? Mengapa berita menjadi sebegitu pentingya sehingga harus disebar luaskan ke khalayak ramai? Apa saja dih unsur yang terkandung di dalam berita? Dan apa saja syarat yang harus dipenuhi dalam sebuah berita?

Beberapa Pengertian Berita

Pada dasarnya ada banyak sekali definisi ataupun pendapat para ahli yang menjelaskan mengenai arti dari kata berita. Meskipun ada banyak pendapat mengenai arti berita, akan tetapi hampir seluruh pendapat tersebut memiliki makna ataupun inti yang sama. Berikut ini beberapa defenisi dari kata berita yang mungkin telah mewakili seluruh pendapat yang berkaitan dengan definisi berita :

  1. KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita dapat diartikan sebagai sebuah cerita ataupun keterangan yang memuat informasi mengenai berbagai kejadian ataupun peristiwa yang hangat.

  1. Anonimous

Berita merupakan laporan peristiwa (fakta) yang disertai dengan pendapat (opini) yang bersifat aktual, penting, dan juga menarik. 

  1. Anonimous

Pengertian berita merupakan informasi baru yang ditampilkan/disajikan dalam pembacaan/penulisan yang jelas, menari, dan juga aktual.

 Unsur-unsur yang Harus Ada dalam Berita

 Berita mengandung berbagai unsur-unsur penting yang harus ada di dalamnya. Unsur-unsur tersebut yaitu adalah 5W + 1H, yaitu :

  • What, yaitu berita harus memuat informasi mengenai apa yang sedang terjadi.
  • Who, yaitu berita harus memuat informasi mengenai siapa saja yang terlibat dalam kejadian yang diberitakan.
  • Why, yaitu berita harus memuat informasi mengenai alasan/latar belakang kejadian yang diberitakan.
  • When, yaitu berita harus memuat informasi mengenai kapan kejadian yang diberitakan terjadi.
  • Where, yaitu berita harus memuat informasi tentang lokasi kejadian.
  • How, yaitu berita harus memuat mengenai bagaimana kejadian yang diberitakan tersebut bisa terjadi.

 Syarat Berita

 Selain mengandung unsur-unsur di atas, berita juga memiliki syarat-syarat tertentu yang harus dilengkapi sehingga sebuah informasi layak disebut sebagai berita. Syarat-syarat tersebut yaitu:

  • Berita harus merupakan fakta
  • Berita harus merupakan kejadian terkini (belum lama terjadi)
  • Berita harus seimbang (tidak memihak)
  • Berita harus lengkap (mengandung semua unsur berita)
  • Berita harus menarik dan bermanfaat
  • Berita harus disusun dengan sistematis

 Demikianlah tulisan mengenai pengertian berita, serta unsur dan syarat yang harus ada di dalamnya. Semoga tulisan ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan yang berguna untuk kehidupan Anda.

Related Post to Pengertian Berita, Unsur Berita, dan Syarat Berita