Pengertian Bahasa Indonesia dan Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia

Jika Anda merupakan penduduk ataupun warga negara Indonesia, maka sudah seharusnya Anda mengenal Bahasa Indonesia. Meskipun tidak selalu digunakan oleh semua penduduknya, Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang berlaku di Negara Indonesia. Setiap Penduduk Indonesia pada dasarnya, wajib menggunakan atau minimal mengetahui cara menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Bahasa Indonesia sendiri diajarkan ke seluruh penduduk Indonesia baik melalui penggunaan di kehidupan sehari-hari, maupun melalui media dunia pendidikan. Di dunia pendidikan sendiri, Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang dipelajari sejak tingkat pendidikan Sekolah Dasar hingga ke tingkat pendidikan Perguruan Tinggi.

Pengertian Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bagian ataupun saduran dari bahasa melayu yang dijadikan sebagai Bahasa Nasional Republik Indonesia. Bahasa Indonesia telah resmi diakui sebagai bahasa resmi di Indonesia sejak satu hari setelah dicetuskannya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Dari segi linguistik, pengertian Bahasa Indonesia pada dasarnya merupakan bahasa campuran dari berbagai macam bahasa. Akan tetapi, mayoritas dasar dari Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa melayu Riau.

Tahapan Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia

  1. Ejaan van Ophuijsen

Ejaan van Ophuijsen merupakan ejaan bahasa melayu dengan menggunakan huruf latin. Ejaan ini pertama kali dikenalkan oleh Charles van Ophuijsen pada tahun 1896 yang kemudian baru diakui oleh pemerintah kolonial di Tahun 1901.

  1. Ejaan Republik

Ejaan Republik merupakan ejaan yang sengaja dibuat untuk menggantikan dan memperbaiki berbagai macam jenis ejaan pada Bahasa Indonesia yang sebelumnya. Ejaan ini pertama kali diresmikan pada Tahun 1947, tepatnya pada Tanggal 19 Maret.

  1. Ejaan Melindo (Melayu Indonesia)

Beberapa tahun setelah Ejaan Republik diresmikan, pemerintah melakukan perubahan kembali pada struktur ejaan Bahasa Indonesia. Perubahan ini diberi nama dengan Ejaan Melindo ataupun Melayu Indonesia. Ejaan ini pertama kali dikenalkan di akhir Tahun 1959 oleh pemerintah Indonesia. Meskipun sempat dikenalkan ke publik, akan tetapi ejaan Melindo tidak pernah diresmikan karena berbagai macam kisruh politik yang terjadi pada masa itu.

  1. Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)

Ejaan Bahasa Indonesia yang terakhir dan yang masih berlaku hingga saat ini adalah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Ejaan yang disempurnakan ini diremikan oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1972. Pada Ejaan ini, ada banyak sekali perubahan yang dilakukan dalam Bahasa Indonesia. Berbagai penggunaan ejaan yang menggunakan berbagai macam huruf hubung seperti ‘tj’, ‘oe’, ‘ch’, kini ditiadakan dan digantikan dengan ejaan satu huruf ataupun ejaan huruf hubung yang lebih mudah digunakan.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian Bahasa Indonesia beserta dengan tahapan penyempurnaannya yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga tulisan yang singkat ini bisa berguna dan memberikan manfaat untuk Anda.

Related Post to Pengertian Bahasa Indonesia dan Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia