Pengertian Antropologi dan Jenis Antropologi

Kata Antropologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Anthropos yang artinya manusia, dan logos yang artinya ilmu. Jika diartikan secara singkat, Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang manusia. Antropologi sendiri, di dunia pendidikan merupakan bagian/cabang dari ilmu sosial. Dalam fokus cabang ilmu sosial ini, segala sesuatu yang berhubungan dengan budaya manusia dari seluruh penjuru dunia dipelajari secara mendalam.

Cabang ilmu Antropologi terlahir akibat tingginya minat bangsa Eropa dalam hal perbedaan ciri fisik, budaya, perilaku, hingga adat istiadat yang berlaku di suatu daerah dengan yang berlaku di daerah lainnya. Berbekal rasa ingin tahu yang tinggi, akhirnya terciptalah sebuah cabang ilmu sosial baru yang terfokus pada dunia sejarah perkembangan manusia.

 Pengertian Antropologi menurut Para Ahli 

  1. David Hunter

Menurut David Hunter, Antropologi merupakan ilmu yang terlahir dari rasa ingin tahu yang tidak terukur besarnya terhadap umat manusia.

  1. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, Antropologi dalam ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya, dengan memperhatikan aneka warna dan bentuk fisik masyarakat, serta kebudayaan yang dihasilkannya.

  1. William A. Havilland

Menurut William A. Haviland, Antropologi dapat diartikan sebagai studi yang berfokus pada umat manusia, yang berusaha menyusun generalisasi yang berguna mengenai manusia dan tingkah lakunya, serta untuk mendapatkan pengertian yang lengkap mengenai keanekaragaman umat manusia.

  1. Rifhi Siddiq

Menurut Rifhi Siddiq, pengertian Antropologi adalah ilmu yang mengkaji segala aspek yang ada pada kehidupan manusia yang terdiri dari segala macam konsepsi tradisi, norma, seni, kebudayaan, ilmu pengetahuan, kelembagaan, lambang, linguistik, dan juga teknologi.

  1. Ralfh L. Beals dan Harry Hoijen

Menurut Ralfh L. Beals dan Harry Hoijen, Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang manusia beserta dengan setiap hal yang dilakukannya.

  1. Tulian Darwin

Menurut Tulian Darwin, pengertian Antropologi adalah ilmu yang berasal dari keinginan membuktikan asal mula dan perkembangan yang terjadi pada manusia dengan melaksanakan berbagai macam penelitian mengenai monyet dan kera yang ada di seluruh penjuru dunia.

Dua Jenis Antropologi

  1. Antropologi Fisik

Antropologi fisik merupakan ilmu yang mempelajari manusia dengan memperhatikan kondisi fisik yang ada pada tubuh manusia. Dalam hal ini, manusia akan dipelajari sejarahnya dengan melalui berbagai kondisi fisiknya seperti bentuk muka, bentuk rambut, bentuk hidung, warna kulit, bentuk tengkorak, dan berbagai bentuk fisik manusia lainnya. Antropologi fisik cenderung mempelajari perubahan yang terjadi pada fisik manusia sebagai dampak pengaruh dari lingkungan di sekitarnya.

  1. Antropologi Budaya

Berbeda dengan antropologi fisik, antropologi budaya cenderung lebih terfokus kepada segi nilai budaya yang dianut oleh manusia. Antropologi budaya mencoba untuk mengkaji mengenai sejarah manusia dari bidang kebudayaan, kepercayaan, dan tingkah laku manusia.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian Antropologi dan jenis-jenisnya yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Related Post to Pengertian Antropologi dan Jenis Antropologi