Pengertian Akuntansi Manajemen dan Perannya dalam Korporasi

Dalam setiap organisasi perusahaan yang besar ataupun sebuah korporasi diperlukan tim manajemen yang lengkap dan juga seimbang. Keberadaan satu bagian manajemen yang ada dalam sebuah korporasi akan sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan korporasi tersebut. Tanpa tim manajemen yang baik, sebuah korporasi tidak akan mampu bersaing dengan berbagai macam korporasi lainnya.

Salah satu bagian tim manajemen yang sangat penting keberadaannya dalam sebuah korporasi bisnis adalah manajemen keuangan. Bagian manajemen keuangan memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Tanpa kemampuan akuntansi manajemen yang baik, seorang pemimpin manajemen keuangan tidak akan mampu berbuat banyak dalam pengelolaan pembiayaan dan keuangan perusahaan.

Pengetahuan akuntansi manajemen seorang tim manajemen keuangan perusahaan harus benar – benar matang dan juga aplikatif. Seperti yang kita ketahui bersama, pengetahuan seputar akuntansi manajemen memiliki beberapa perbedaan dari akuntansi biasa. Untuk itu, setiap bagian manajemen keuangan perusahaan harus benar – benar memahami dunia akuntansi manajemen sehingga seluruh aktivitas pengontrolan dan pelaporan keuangan dapat dijalankan dengan baik.

Beberapa Pengertian Akuntansi Manajemen

  1. CIMA (Chartered Institute of Management Accountants)

Menurut CIMA, akuntasi manajemen merupakan sebuah “proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, interpretasi, dan komunikasi informasi yang dipakai oleh manajemen untuk membuat berbagai macam perencanaan, melakukan evaluasi, dan melaksanakan pengendalian dalam sebuah entitas serta sebagai media yang digunakan untuk memastikan tingkat kesesuaian dan tingkat akuntabilitas penggunaan sumber daya yang ada pada perusahaan.

  1. Halim dan Supomo

Menurut Halim dan Supomo, pengertian akuntansi manajemen merupakan setiap kegiatan dan juga proses yang dijalankan untuk membuat informasi yang berkaitan dengan keuangan perusahaan yang digunakan sebagai salah satu parameter dalam pengambilan keputusan ekonomi dalam menjalankan fungsi manajemen.

  1. Charles T.Homgren

Menurut Charles T.Homgren, akuntansi manajemen merupakan sebuah proses identifikasi, pengumpulan, pengukuran, akumulasi, analisa, panafsiran, dan pengomunikasian setiap informasi keuangan yang dapat membantu tim eksekutif organisasi dalam mengambil keputusan terkait perusahaan.

Peran Akuntansi Manajemen dalam Korporasi

Seperti halnya berbagai macam instrumen perusahaan / korporasi lainnya, akuntansi manajemen memiliki peranan yang cukup penting dalam perusahaan / korporasi. Dalam sebuah korporasi akuntansi manajemen memiliki peran ganda yaitu sebagai mitra strategis korporasi dan juga sebagai penyedia berbagai macam alternatif keputusan yang berlandaskan informasi keuangan dan operasional yang ada dalam perusahaan.

Dalam setiap korporasi, akuntan manajemen memiliki tanggung jawab sebagai pengelola tim bisnis sekaligus sebagai penyedia laporan dan penanggung jawab kondisi keuangan perusahaan / korporasi. Kegiatan akuntan manajemen terdiri dari kegiatan peramalan, perencanaan, pembuatan analisis varians, pengkajian, serta pemantauan kondisi pembiayaan dan keuangan yang ada dalam sebuah korporasi ataupun organisasi perusahaan.

Itulah beberapa pengertian akuntansi manajemen beserta dengan penjelasan peran akuntansi manajemen dalam sebuah korporasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

Related Post to Pengertian Akuntansi Manajemen dan Perannya dalam Korporasi