Pengertian Akuntansi Keuangan

Ilmu akuntansi merupakan salah satu cabang ilmu yang memiliki peranan sangat penting terhadap organisasi perusahaan. Setiap perusahaan membutuhkan ilmu akuntansi untuk bisa menerjemahkan berbagai aktifitas dan kondisi keuangan yang sulit dipahami menjadi informasi status ataupun laporan keuangan yang mudah untuk dipahami.

Ilmu akuntansi sendiri terbagi-bagi menjadi beberapa sub bagian yang masing-masing nya berbeda satu sama lainnya. Salah satu ilmu akuntansi yang biasanya banyak digunakan oleh perusahaan adalah ilmu akuntansi keuangan. Ilmu akuntansi ini merupakan bidang akuntansi yang paling sering digunakan oleh perusahaan dalam aktifitas menyediakan informasi keuangan.

Defenisi dan Pengertian Akuntansi Keuangan

Pengertian akuntansi keuangan adalah bagian akuntansi yang secara khusus disediakan oleh perusahaan untuk menghasilkan informasi keuangan yang akan digunakan oleh pihak di luar perusahaan. Akuntansi keuangan biasanya tidak digunakan oleh manajemen intern perusahaan, melainkan hanya digunakan oleh pihak-pihak eksternal terkait perusahaan seperti pemegang saham, pemasok, pemerintah, dan juga kreditur.

Sederhananya, pengertian akuntansi keuangan adalah bagian akuntansi yang hasil laporan keuangannya dipublikasikan kepada pihak luar perusahaan.

Peranan Akuntansi Keuangan dalam Perusahaan

Pada dasarnya peranan akuntansi keuangan untuk sebuah perusahaan hampir sama dengan peranan bagian akuntansi lainnya yaitu sebagai penyedia laporan keuangan perusahaan. Jika dirinci secara lebih mendalam, maka peranan akuntansi keuangan dalam perusahaan adalah sebagai berikut :

  1. Pengumpul dan Pengelola Informasi Keuangan

Peranan akuntansi keuangan yang pertama adalah sebagai pengumpul informasi keuangan bagi perusahaan. Untuk bisa menghasilkan laporan keuangan, bagian akuntansi keuangan harus mengumpulkan berbagai macam informasi terkait keuangan perusahaan seperti kondisi modal, transaksi penjualan, transaksi pembelian, dan beberapa transaksi lainnya. Setelah informasi keuangan yang ada di perusahaan dikumpulkan, selanjutnya bagian akuntansi keuangan akan mengolahnya menjadi laporan keuangan yang mudah untuk digunakan.

  1. Penyedia Laporan Keuangan untuk Pihak Eksternal Perusahaan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ilmu akuntansi keuangan memiliki peranan sebagai bagian perusahaan yang menyediakan laporan keuangan untuk pihak eksternal perusahaan. Hasil laporan keuangan yang dibuat oleh bagian akuntansi keuangan biasanya akan dijadikan tolok ukur pihak eksternal perusahaan dalam mengambil keputusan terkait perusahaan seperti perjanjian jual beli, besaran pajak, pemberian kredit, dll.

  1. Audit Internal Perusahaan

Peranan akuntansi keuangan yang terakhir adalah sebagai lembaga audit internal perusahaan. Dalam aktivitas pengelolaan data-data keuangan, seorang akuntan keuangan harus bekerja dengan jujur sehingga berbagi macam kesalahan ataupun penyelewengan yang terjadi di perusahaan dapat diidentifikasi dan diatasi. Seorang akuntan keuangan harus dapat memperhitungkan berbagai macam kemungkinan yang bisa terjadi di perusahaan seperti peramalan biaya, peramalan anggaran, dll.

Itulah pengertian akuntansi keuangan dan beberapa fungsinya dalam organisasi perusahaan. Semoga bermanfaat ya!

Related Post to Pengertian Akuntansi Keuangan