Pengertian Administrasi Pendidikan

Pengertian administrasi pendidikan dapat diartikan sebagai suatu usaha atau proses yang dilakukan oleh banyak orang untuk tercapainya suatu target pendidikan yang sudah ditentukan. Usaha usaha yang dilakukan ini dapat dengan berbagai cara untuk mewujudkan target pendidikan tersebut, misalnya dengan menjalankan pendidikan di sekolah dengan tahapan sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, bahkan hingga ke perguruan tinggi apabila finansial orang tersebut mencukupi. Akan tetapi, pendidikan di sini tidak hanya mengenai bidang akademis saja, namun pelajaran pelajaran kehidupan sehari hari yang harus dilakukan setiap orang tersebut pun dapat juga dikategorikan di dalam pendidikan pula. Sebagai contoh adalah membersihkan kelas ketika akan meninggalkan sekolah, menyapu lantai, atau membersihkan kaca ketika ada kegiatan kerja bakti di sekolah. Contoh tersebut pun juga masih termasuk dalam pendidikan yang diperlukan oleh setiap orang.

Pengertian Administrasi Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian dari administrasi pendidikan juga dipaparkan oleh beberapa ahli dari berbagai penjuru dunia mengingat pembahasan mengenai pendidikan ini juga dirasakan di seluruh dunia bukan hanya di Indonesia saja. Namun yang membedakan adalah proses pembelajarannya dan fasilitas yang didapatkan di Indonesia dan di negara seberang tentu berbeda beda tingkatannya. Akan tetapi tetap saja, yang namanya pendidikan tentu baik bagaimanapun caranya. Berikut ini ada beberapa pendapat mengenai administrasi pendidikan dari beberapa ahli.

Yang pertama adalah dari Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Depdiknas RI) mengatakan bahwa pengertian administrasi pendidikan merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan oleh setiap orang yang meliputi perencanaan sampai dengan pelaporan serta pelaksanaan pendidikan itu sendiri yang dapat dilakukan oleh instansi pendidikan dengan fasilitas tertentu yang dapat membantu adanya proses administrasi pendidikan tadi. Hal ini dilakukan agar tujuan pencapaian pendidikan yang dilakukan oleh setiap orang dapat terlaksana dengan baik, efektif dan berguna bagi siapapun itu. Yang kedua adalah pendapat dari Drs. M. Ngalim Purwanto, ia mengatakan bahwa administrasi pendidikan merupakan suatu proses pengarahan dan peningkatan yang terjadi baik tiap tiap personal, spiritual dan juga materiil yang saling berkaitan satu dengan lainnya demi tercapainya tujuan pendidikan tadi.

Dari kedua pendapat ahli di atas mengenai administrasi pendidikan, dapat disimpulkan bahwa suatu proses yang dilakukan setiap orang mengenai proses yang dilakukan untuk mendapatkan suatu tujuan yang diharapkan oleh seseorang atau banyak orang guna untuk mendapatkan pembelajaran baik dari bidang akademis atau yang biasa didapatkan di sekolah sekolah dari mulai tingkat dasar sampai dengan perguruan tinggi, maupun dari bidang spiritual dan juga bidang kehidupan manusia sehari hari, tentunya ini akan menjadi hal yang penting dari segi pendidikan dimana pun itu. Yang menjadi perbedaannya hanyalah fasilitas dan cara penyampaian setiap materi pembelajaran. Demikianlah pengertian administrasi pendidikan yang dapat anda ketahui.

Related Post to Pengertian Administrasi Pendidikan