Mengetahui Pengertian Pendidikan Islam

Sebagai umat yang beragama Islam yang berpendidikan maka dari itu anda harus mengetahui pengertian pendidikan Islam. Pada dasarnya anda harus mengetahui pengertian pendidikan terlebih dahulu karena setiap orang pasti mengenal istilah pendidikan dan begitu juga dengan Pendidikan Agama Islam ( PAI ). Sebagian masyarakat berpendapat bahwa pendidikan itu sekolah, belajar, melatih anak dan lain sebagainya. Namun untuk pengertian secara luas pendidikan juga termasuk pengalaman yang diperoleh anak untuk pematangan di dalam dirinya baik untuk dilakukan kepada orang lain ataupun kepada dirinya sendiri. Namun untuk pendidikan agama Islam merupakan penanaman pada nilai-nilai Islam. Ajarkan pemahaman agama Islam kepada anak dari sejak dini agar kelak jika sudah besar ia sudah mempunyai pegangan tentang agamanya.

Pendapat Tentang Pengertian Pendidikan Islam

Pendapat para ahli memang tak bisa disalahkan karena mereka sudah mempunyai bukti yang kuat untuk pendapatnya. Menurut Ahmad Tafsir menyatakan pendidikan Islam merupakan usaha sadar untuk menyiapkan anak untuk memahami ajaran Islam ( knowing ), serta terampil dala melakukan, serta dapat mempraktekkanajaran Islam ( doing ), dan mampu untuk mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari ( being ). Namun masalah yag sering dihadapi oleh tenaga pendidik adalah untuk menyampaikan materi agama kepada siswa atau siswi agar memperoleh hasil yang semaksimal mungkin. Saat ini pemahaman tentag agama masih sangat minim sekali karena pengaruh dari luar.

Dan pendapat lainnya tentang pengertian pendidikan Islam menurut Abdul Fattah Jalal merupakan terwujudnya manusia sebagai hamba Allah SWT, ia berpendapat bahwa tujuan ini mampu untuk mewijudan tujuan-tujuan khusus. Dengan mengutip surat at-Takwir ayat 27 ia mengatakan bahwa tujuan itu adalah untuk manusia sendiri. Jadi menurut Islam bahwa pendidikan harus berasal dari manusia sendiri yang menghambakan diri kepada Allah atau manusia sendiri yang beribadah kepada Allah. Tidak ada kata yang tak mungkin jika manusia itu sendiri yang mau mencoba. Dalam hal ini kewajban orang tua untuk membimbing anaknya untuk selalu taat menjalankan kewajiban seorang umat Islam dengan menjalankan semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya.

Pendapat lain dari Mustafa al-Gulayaini menyatakan bahwa pendidikan Islam yaitu untuk menanamkan akhlak yang mulia di dalam jiwa si anak untuk masa pertumbuhannya dan memberika nasehat serta petunjuk, sehingga akhlak menjadi suatu resep ampuh yang terdapat di dalam jiwanya yang dapat berwujud pada keutamaan, kebaikan dan cinta bekerja untuk kemanfaatan tanah air. Tujuan pengertian pendidikan Islam sendiri untuk membentuk watak serta kemampuan si anak untuk bermartabat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa atau siswi agar menjadi manusia yang bertakwa dan beriman kepada Allah SWT dan dapat bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukannya.

Related Post to Mengetahui Pengertian Pendidikan Islam