Mengetahui Lebih Jelas Pengertian Filsafat Ilmu

Tidak banyak orang yang mengetahui apa pengertian filsafat ilmu. Alasannya bermacam-macam, salah satunya adalah karena filsafat ilmu jarang ditemukan saat mengenyam pendidikan di sekolah. Sedangkan orang yang mengetahui filsafat ilmu secara sekilas saja, maka kebanyakan dari mereka akan langsung mengklaim bahwa ilmu filsafat adalah ilmu yang rumit. Contoh yang paling sering kita dengar tentang ilmu filsafat adalah adanya pertanyaan “mengapa sapi berkaki 4?” tentunya hal tersebut menjadi pertanyaan yang rumit bagi orang awam. Bagi orang yang tidak mengenal ilmu filsafat, mungkin pertanyaan seperti itu dianggap sebagai pertanyaan yang tidak masuk akal karena semua terjadi karena sebuah takdir. Tetapi berbeda dengan orang yang bergelut di bidang filsafat, bagi mereka  pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang wajar dan memerlukan jawaban. Apakah setelah membaca paparan tersebut anda sedikit tertarik dengan ilmu filsafat? Agar anda lebih mengenal filsafat ilmu, berikut akan artikel ini jelaskan pengertain dan konsepnya secara singkat.

Pengertian Filsafat Ilmu dan cara berpikirnya

Pengertian filsafat ilmu adalah sebuah ilmu yang mengajak kita untuk berpikir secara teoritis dan rasional. Filsafat menjelaskan sebab musabab terjadinya suatu fenomena dengan berdasarkan pada alasan yang masuk akal dengan sejelas-jelasnya dan sedalam-dalamnya hingga penjelasan tersebut tidak dapat dijelaskan lagi. Dengan cara berpikir filsafat yang seperti itu, banyak orang yang beranggapan bahwa filsafat adalah ilmu yang sulit dipahami. Kebanyakan dari kita hanya melihat suatu fenomena tanpa ingin mengetahui apa yang ada dibalik fenomena tersebut, sedangkan filsafat selalu menanyakan apa yang terkadang orang lain tidak terpikir untuk mencari tahu jawabannya bahkan mempertanyakannya.

Saat ini telah banyak universitas yang membuka program studi tentang ilmu filsafat. Dari sanalah dihasilkan orang-orang yang memahami pengertian filsafat ilmu secara nyata dan mungkin menerapkan cara berpikirnya ke dalam kehidupan sehari-hari. Orang-orang filsafat tidak dapat tinggal diam melihat fenomena yang terjadi di sekitarnya. Dia selalu ingin tahu dan bertanya-tanya mengapa dan bagaimana suatu fenomena bisa terjadi. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan mereka juga harus dilandasi oleh fakta yang sesungguhnya, bukan hanya hasil perkiraan atau pikiran yang menduga-duga.

Setelah mengetahui pengertian filsafat ilmu dan cara berpikirnya secara singkat, apakah tanggapan anda terhadap ilmu filsafat telah berubah? Apakah kini anda beranggapan bahwa ilmu filsafat adalah ilmu yang unik? Jika anda tertarik untuk menekuninya, saat ini sudah banyak buku yang membahas tentang ilmu filsafat. Namun jika anda  merasa bahwa sebuah buku filsafat adalah bacaan yang terlalu berat, kini pun sudah ada beberapa novel fiksi yang memiliki latar filsafat sehingga anda dapat belajar filsafat dengan lebih santai. Jadi, tentunya tidak aka nada lagi anggapa bahwa filsafat merupakan suatu beban.

Related Post to Mengetahui Lebih Jelas Pengertian Filsafat Ilmu