Mengenal Pengertian Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan selalu kita temukan dalam keseharian kita. Seorang pelajar misalnya, mereka sering menemui ilmu sosial maupun ilmu alam saat mengikuti pelajaran di sekolah. Mahasiswa juga selalu menemukan ilmu pengetahuan saat mengikuti kegiatan perkuliahan seperti ilmu filsafat, ilmu politik, ilmu komunikasi, dan lain sebagainya. Namun apakah kita bisa menjelaskan pengertian ilmu pengetahuan? Mungkin sebagian dari anda telah mengerti apa itu ilmu pengetahuan, tetapi tidak bisa menjelaskannya dengan bahasa. Karena hal tersebut, maka artikel ini akan menjelaskan ilmu pengetahuan agar kita memiliki persepsi yang sama tentang ilmu pengetahuan.

Pengertian ilmu pengetahuan dan Cirinya

Pengertian ilmu pengetahuan adalah hasil yang didapatkan dari kegiatan membaca, menelaah, belajar, dan memahami peristiwa yang ada di sekitar kita. Jadi ketika kita selesai melakukan kegiatan membaca, menelaah, belajar, dan memahami suatu peristiwa lalu kita dapat mengetahui suatu hal baru yang sebelumnya tidak kita ketahui, maka hal itulah yang disebut dengan ilmu pengetahuan. Terdapat banyak objek yang digunakan sebagai pembahasan dari sebuah ilmu pengetahuan. Ada ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang manusia seperti sosiologi, antropologi, komunikasi, dan psikologi. Ada juga ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang alam seperti fisika, dan kimia. Saat SMA juga anda mungkin mengalami pemilihan ilmu pengetahuan antara ilmu pengetahuan alam, sosial, dan bahasa. Bahkan saat menjadi mahasiwa, anda disodorkan lebih banyak lagi pilihan ilmu pengetahuan. Melalui penjurusan saat pendidikan, maka seseorang akan lebih mendalami suatu ilmu pengetahuan. Dengan memahami dan menguasai 1 atau lebih ilmu pengetahuan, maka hal tersebut dapat menambah wawasan serta keterampilan yang akan berguna di kemudian hari.

Setelah mengetahui pengertian ilmu pengetahuan, artikel ini akan menjelaskan ciri-ciri dari ilmu pengetahuan. Tidak semua pengetahuan dapat disebut ilmu pengetahuan karena sebuah pengetahuan harus memenuhi syarat agar bisa disebut sebagai ilmu pengetahuan, salah satunya adalah memiliki objek material dan formal. Objek formal dan material berfungsi untuk mengetahui cakupan dari suatu ilmu pengetahuan. Objek material antara ilmu pengetahuan satu dengan yang lainnya bisa saja sama, namun objek formal suatu ilmu pengetahuan dengan ilmu pengetahuan lainnya pasti berbeda. Jadi yang membedakan antara ilmu pengetahuan yang satu dengan lainnya adalah objek formalnya.

Pengertian ilmu pengetahuan biasanya dapat anda temukan di awal pembelajaran dari sebuah pengantar ilmu pengetahuan. Misalnya di materi pengantar ilmu komunikasi, pengantar ilmu politik, dan materi lain yang masih mempelajari bagian dasar atau awal materinya. Agar anda dapat mempelajari suatu ilmu pengetahuan secara maksimal, anda bisa melanjutkan pendidikan di universitas karena memiliki banyak referensi yang ada seperti buku, dan dosen yang memadahi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di negara ini.

Related Post to Mengenal Pengertian Ilmu Pengetahuan