Pengertian Definisi Pendapatan Menurut Para Ahli –┬áJika kita bicara tentang ekonomi, pasti ada yang namanya pendapatan ataupun pengeluaran,,, nah kita harus tahu apa itu pendapatan secara harfiahnya,, setelah saya cari tahu di internet,, ternyata pengertian pendapatan itu bntanyak banget yang mengungkapkan apaitu pendapatan,,,

Nah disini saya mencoba mengumpulkan beberapa pendapat tentang pengertian pendapatan dari beberapa ahli,,, pengertian pendapatan diantanya sebagai berikut:

 

1. Dalam literatur akuntansi terdapat beberapa pengertian atau definisi pendapatan, antara lain adalah:

a. Menurut Niswonger (1992:22)

Pendapatan adalah jumlah yang ditagih kepada pelanggan atas barangataupun jasa yang diberikan kepada mereka.

Pada buku yang sama, Niswonger (1992:56) juga menjelaskan pendapatansebagai berikut:

Pendapatan atau revenue merupakan kenaikan kotor atau gross dalammodal pemilik yang dihasilkan dari penjualan barang dagangan,pelaksanaan jasa kepada pelanggan atau klien, penyewa harta,peminjam uang, dan semua kegiatan usaha serta profesi yangbertujuan untuk memperoleh penghasilan.

 

b. Menurut PSAK nomor 23 paragraf 6 adalah sebagai berikut:

pengertian Pendapatan adalah arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yangtimbul dari aktivitas normal perusahaan selama suatu periode bila arusmasuk itu mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal darikontribusi penanaman modal.8

 

c. Menurut Accounting Terminology Bulletin No. 2 yang dikutip dalam bukuHarahap (1999:39):

Pendapatan berasal dari penjualan barang dan pemberian jasa dandiukur dengan jumlah yang dibebankan kepada langganan, klaim atasbarang dan jasa yang disiapkan untuk mereka. Juga termasuk laba daripenjualan atau pertukaran asset (kecuali dari surat berharga), hakdividen dari investasi dan kenaikan lainnya pada equity pemilik kecualiyang berasal dari modal donasi dan penyesuaian modal. Dari pendapat ini dapat disimpulkan bahwa secara luas pendapatandianggap termasuk seluruh hasil dari perusahaan dan kegiatan investasi.Dalam hal ini termasuk juga perubahan net asset yang timbul dari kegiatanproduksi dan dari laba rugi yang berasal dari penjualan aktiva dan investasi,kecuali kontribusi modal dan penyesuaian modal.

 

d. Menurut

Financial Accounting Standard Board yang dikutip oleh Harahap(1999:58)

Definisi pendapatan adalah arus masuk atau peningkatan nilai aset darisuatu entity atau penyelesaian kewajiban dari entity atau gabungandari keduanya selama periode tertentu yang berasal dari penyerahan/produksi barang, pemberian jasa atas pelaksana kegiatan lainnya yangmerupakan kegiatan utama perusahaan yang sedang berjalan.

Dari beberapa definisi yang terdapat diatas, dapat disimpulkan bahwapendapatan adalah kenaikan gross /kotor dari keuntungan ekonomi selamasuatu periode dari aktivitas utama perusahaan yang menyebabkan kenaikanekuitas tetapi bukan disebabkan dari kontribusi penanaman modal.

 

2. Pengakuan Pendapatan Secara Umum

Pendapatan merupakan salah satu komponen penting laporan keuangan.Namun permasalahan utama dalam akuntansi untuk pendapatan adalahmenentukan saat pengakuan pendapatan. Dalam Statement of Financial.

 

nah begitulah kira-kira pengertian pendapatan itu, semoga saja temen-temen bisa mengambil manfaatnya, Sekian postingan tentang pengertian pendapatan semoga menambah wawasan anda.

Incoming search terms:

  • pengertian pendapatan menurut para ahli
  • pengertian kontribusi menurut para ahli
  • Pengertian penerimaan menurut para ahli
  • pendapatan menurut para ahli
  • teori pendapatan menurut para ahli
  • pengertian pendapatan nasional menurut para ahli
  • definisi pendapatan menurut para ahli
  • definisi kontribusi menurut para ahli
  • pengertian pendapatan menurut ahli
  • pengertian pendapatan perkapita menurut para ahli

Post filed under Ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>